Strategi Melawan Jenis-Jenis The Infected di The Last of Us Part 2 (Bagian 1)

Strategi Melawan Jenis-Jenis The Infected di The Last of Us Part 2 (Bagian 1)

Naughty Dog akhirnya merilis sekuel kedua dari game The Last of Us pada Juni 2020 di mana sebelumnya Naughty Dog berhasil mendulang kesuksesan besar pada sekuel pertamanya.

Cerita dimulai ketika dunia terserang infeksi jamur Cordyceps. Jamur ini dilaporkan berasal dari tanaman Amerika Selatan. Jamur akan membunuh inangnya, kemudian akan tumbuh dalam tubuh inangnya, menghapus ingatan mereka dan membuat mereka gila, memodifikasi naluri mereka untuk menyebarkan spora kepada orang lain. Manusia yang terinfeksi disebut the infected.

Penyakit jamur ganas ini telah menginfeksi hampir seluruh populasi di seluruh dunia, sebuah pandemi yang menyebabkan kehancuran total (apocalypse). The Last of Us Part 2 akan melanjutkan kisah mengenai Ellie yang berusaha bertahan hidup di dunia post-apocalypse.

Baca juga artikel berikut ini : Review Singkat Pokemon Medallion: Game Baru dengan Platform Lama

Ada berbagai macam jenis the infected, termasuk jenis the infected terbaru yang belum pernah ada di sekuel sebelumnya. Masing-masing the infected memerlukan strategi yang berbeda dalam melawannya. Mari kita simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Runners

Runners adalah tahap pertama dari manusia yang terinfeksi jamur dan yang paling banyak ditemukan. Runners merupakan orang-orang yang baru saja terinfeksi dalam hitungan hari. Mereka masih memiliki karakteristik seperti manusia dan biasanya mereka hanya terdiam sambil tertunduk atau berjalan dengan sempoyongan.

Runners merupakan zombie terlemah di game ini sehingga untuk menghadapi mereka cukup dengan membunuh secara diam-diam dari belakang dengan menggunakan pisau atau stealth agar kalian tidak membuang amunisi kecuali dalam keadaan mendesak seperti dikerumuni runners.

Bahaya dari kelompok ini adalah gerakan mereka yang gesit, jumlah mereka yang banyak dan tipikal yang akan menyerang kalian secara bersama-sama jika mereka melihat kalian. Jika hal ini sudah terjadi, gunakan molotov cocktails dan senapan.

Stalkers

Pada stage infeksi kedua, Stalker memiliki penampilan antara manusia dan clickers. Mereka masih berwujud manusia namun sudah terlihat beberapa jamur yang mulai tumbuh di tubuh mereka.

Manusia yang menjadi stalkers telah terinfeksi selama beberapa minggu. Sesuai namanya “stalker“, mereka akan mengendap dan bersembunyi di tempat gelap, menunggu kesempatan untuk menyerang kalian.

Beberapa stalkers akan menempel di dinding menyerupai the infected yang sudah terbunuh. Ketika kalian melewati mereka, mereka akan melepaskan diri dari dinding dan menyerang kalian.

Cara menghadapai stalkers adalah dengan menggunakan senapan untuk membunuhnya. Jika kalian membunuh satu stalker, maka stalker lainnya akan keluar dari persembunyian dan ikut menyerang, yang harus kalian lakukan adalah menembak dengan shotgun. Shotgun mampu mengalahkan beberapa stalker yang berkelompok dalam sekali tembak.

Clickers

Clickers adalah tahap ketiga dari infeksi mematikan ini. Mereka yang sudah mencapai stage ini setidaknya sudah terinfeksi selama satu tahun. Pada tahap ini, sudah tidak ada lagi wujud manusia, seluruh tubuhnya sudah tertutup jamur.

Baca juga artikel berikut ini : Review Shadowgun War Games

Walaupun zombie ini lebih kuat dari stalker tetapi gerakannya lebih lambat karena seluruh mukanya sudah tertutup jamur dan menyebabkan mereka menjadi buta sehingga mereka menggunakan echolocation dengan mengeluarkan bunyi click dari giginya untuk mendeteksi keberadaan manusia. Seperti runners, clickers terkadang ditemukan dalam keadaan pasif.

Trik untuk menghadapi clickers adalah usahakan untuk tidak menggunakan senapan, karena untuk menghadapi clickers dibutuhkan lebih dari satu kali tembakan walaupun diarahkan ke kepalanya. Akan lebih efisien melawan clickers secara diam-diam atau stealth seperti melawan Runners.