Review Trackmania 2020 : Game Esports Balapan Paling Intens

Review Trackmania 2020 : Game Esports Balapan Paling Intens

Ubisoft bukan sebuah developer/publisher yang dikenal lewat game-game balapan. Meski demikian, mereka cukup sukses dengan seri game The Crew. Game balapan open world ini memungkinkan gamer menjelajah seluruh daerah Amerika Serikat dengan berbagai jenis kendaraan unik.

Namun tahukah kamu bahwa jauh sebelum The Crew, Ubisoft sebenarnya memiliki judul game balapan yang berusia hampir 20 tahun dan hingga hari ini masih memiliki komunitas gamer yang sangat kuat?

Inilah seri game Trackmania yang dikembangkan Ubisoft Nadeo, dimana kini mereka merilis game terbarunya di tahun 2020 ini dengan judul Trackmania saja.

Baca juga artikel berikut ini : Review Samsung Galaxy A71 Silver

1. Mudah untuk dimainkan, menantang untuk dikuasai

Game Esports Balapan Paling Intens? Ini Review Trackmania 2020!

Ubisoft Nadeo telah merilis berbagai macam game Trackmania dengan berbagai macam konten di dalamnya. Namun pada game Trackmania 2020 kali ini, mereka me-reboot seri Trackmania ke era Trackmania Nations dengan satu jenis environment dan mobil, namun bisa dimainkan secara gratis.

Dalam Trackmania, kamu akan diminta untuk menyelesaikan berbagai jenis sirkuit dalam waktu sesingkat mungkin. Mengemudikan mobil hanya membutuhkan empat tombol saja sehingga sangat mudah dimainkan. Namun karakteristik handling mobil bisa berubah drastis berdasarkan permukaan sirkuit, misalnya jalan tanah atau es.

2. Kompetitif di mode multiplayer

Game Esports Balapan Paling Intens? Ini Review Trackmania 2020!

Mode multiplayer adalah fitur utama dari Trackmania terbaru ini. Sebagai game yang didesain sebagai sebuah esports, Trackmania terbaru ini akan menawarkan berbagai turnamen dan leaderboard yang dibagi berdasarkan negara dan juga benua. Turnamen ini diselenggarakan oleh Ubisoft Nadeo sendiri maupun komunitas.

Sistem ranking-nya didesain untuk memberikan para gamer sebuah achievement yang sepadan di setiap level. Entah itu gamer amatir atau atlet esports yang bertanding di level internasional, setiap gamer akan mendapatkan reward sesuai dengan pencapaian yang diraih.

3. Content creation tetap jadi andalan

Game Esports Balapan Paling Intens? Ini Review Trackmania 2020!

Salah satu fitur andalan Trackmania adalah track editor untuk membuat  track baru, dan fitur tersebut kembali di game terbarunya ini. Ada banyak jenis balok yang bisa digunakan, plus beberapa fitur advanced  seperti MediaTracker untuk menambah konten multimedia, block mixing, dan lainnya. Jika kamu kebingungan menggunakan fitur tersebut, kamu bisa menggunakan basic editor.

Selain track editor, kamu juga bisa menggunakan skin editor untuk membuat skin mobil sendiri. Secara default, kamu akan menggunakan  skin yang sesuai dengan negara kamu. Namun jika tidak suka dengan desainnya, kamu bisa membuat skin mobil sendiri, dengan catatan kamu berlangganan game-nya.

4. Game-nya gratis, tapi langganan?

Game Esports Balapan Paling Intens? Ini Review Trackmania 2020!

Loh, langganan? Ya, meskipun Trackmania bisa dimainkan secara gratis di Uplay dan Epic Games Store, kamu harus berlangganan untuk membuka beberapa fitur game ini. Ada dua jenis paket langganan, dimana versi Standard Access akan membuka fitur editor, sementara versi Club Access akan membuka akses ke Club buatan gamer dan juga akses berkompetisi di Trackmania Grand League.

Baca juga artikel berikut ini : Review Doraemon Story of Seasons Versi PS4: Bertani Sebagai Nobita

Lalu, paket langganan apa yang harus kamu pilih? Jika kamu hanya ingin coba-coba atau fokus balapan saja, versi gratis sudah lebih dari cukup. Jika kamu senang membuat track, maka ambil Standard Access. Jika kamu ingin menjadi seorang atlet esports Trackmania dan ingin membela Indonesia di level internasional, ambil Club Access.

Bagi saya, Trackmania versi 2020 ini mendapatkan rating 2.5 dari 5 bintang. Game ini tetap solid meskipun telah berusia belasan tahun, namun fitur langganannya membuat saya tidak merasa memiliki game ini sepenuhnya layaknya di seri-seri yang lalu. Bagaimana menurut kamu sendiri? Apakah kamu berlangganan Trackmania atau cukup puas dengan versi gratisnya?