Review Horizon Chase Turbo: Game Balapan yang Fun dan Mudah Dimainkan

Review Horizon Chase Turbo: Game Balapan yang Fun dan Mudah Dimainkan

Apakah kamu merasa game racing model simulasi terlalu rumit untuk dimainkan?

Mungkin kamu pemain game generasi tua, yang ingin game racing gaya arcade seperti Top Gear di Super Nintendo?

Kalau begitu ada pilihan menarik untuk kamu: Horizon Chase TurboGame karya Aquiris yang versi deluxe-nya dihadirkan oleh SCRYsoft ke wilayah Asia Tenggara.

Saya mendapat kesempatan review game yang satu ini menggunakan versi PS4, berdasarkan review copy resmi. Begini komentar saya!

Baca juga artikel berikut ini : Review Trackmania 2020 : Game Esports Balapan Paling Intens

1. Sengaja mengincar gaya retro

Review Horizon Chase Turbo: Game Balapan yang Fun dan Mudah Dimainkan

Dari deskripsi resmi Horizon Chase Turbogame racing yang satu ini memang mengincar nuansa retro.

Ini terlihat dari visualnya, yang gayanya terasa unik. Dari keterangan resmi, game ini memang mengincar untuk menciptakan kembali nuansa grafis gaya 16-Bit, namun kali ini didukung dengan kekuatan konsol era sekarang.

Hasilnya? Dari segi visual sih, saya merasa awamnya Horizon Chase Turbo terasa biasa saja. Namun ada beberapa level yang menarik karena kondisi areanya. Mulai dari peralihan hari, hujan lebat, turunnya salju, semuanya disajikan dengan detail yang oke.

Salah satu nilai jual lain game ini, yang semakin membuat nuansa retro-nya terasa, adalah Barry Leitch.

Barry adalah pengisi game klasik seperti Top Gear dan Rush. Ia kembali menunjukkan kemampuannya di game ini, menyajikan irama yang bisa membuatmu semakin seru memainkannya.

2. Seru dan mudah dimainkan

Review Horizon Chase Turbo: Game Balapan yang Fun dan Mudah Dimainkan

Horizon Chase Turbo adalah game yang mudah dipahami. Kamu hanya tinggal melihat sebentar skema kendalinya di option, dan kamu seharusnya sudah bisa mengoperasikan mobil-mobil di game ini meski kamu awam game racing.

Ini membuat Horizon Chase Turbo bisa jadi pilihan kalau kamu butuh game racing untuk fun. Mau anak-anak hingga orang dewasa bisa memainkan game ini dengan mudah.

Namun untuk meraih kemenangan, tentu game ini juga menyajikan hal-hal yang harus kamu kuasai. Seperti penguasaan belokan, minimalisir tabrakan (karena benturan akan mempercepat bensin mobilmu habis), serta ketelitian menemukan lokasi pengisian bahan bakar.

Yang menarik juga? Game ini mendukung multiplayer offline sampai empat pemain. Kamu dan teman-temanmu bisa merasakan balapan seru dan rusuh secara split screen, selama kamu punya controller ekstra.

3. Menyajikan banyak lintasan balap dan mobil

Review Horizon Chase Turbo: Game Balapan yang Fun dan Mudah Dimainkan

Horizon Chase Turbo menyajikan beragam mobil dan lintasan yang bisa kamu coba.

Lintasan ini dimulai dari Amerika hingga ke negara lain seperti Brazil dan Afrika Selatan.

Beberapa lintasan balap bahkan terasa unik karena sentuhan visual, seperti balapan di tengah hujan lebat. Atau lintasan-lintasan tertentu di mana kamu merasakan pergeseran waktu, dimulai saat senja dan hari menjadi gelap.

Tentu saja, Horizon Chase Turbo juga menyajikan puluhan pilihan mobil yang bisa kamu coba. Di versi yang saya mainkan untuk review, ada 34 kendaraan yang beragam.

Mobil yang awalnya bisa kamu mainkan tergolong sedikit, namun seiring dengan semakin banyaknya poin yang kamu peroleh, semakin banyak pula kendaraan yang bisa kamu coba.

Uniknya, mobil-mobil ini tak sebatas kendaraan yang awam digunakan untuk racing saja. Ada mobil yang terasa ngawur-ngawur kocak seperti mobil untuk orang belajar nyetir, mobil polisi, mobil tukang reparasi kabel.

Selain itu, ada juga mobil yang terasa sekali terinspirasi dari kendaraan ikonik. Saya menemukan mobil mirip Toyota AE86, seperti yang digunakan Takumi Fujiwara di Initial D.

Yang unik juga, supir dari mobil-mobil ini memiliki kepribadian yang beda-beda juga. Ini terlihat dari balon dialog mereka. Supir dari mobil belajar nyetir, misalnya, benar-benar berkomentar seperti ia masih dalam proses belajar.

Review Horizon Chase Turbo: Game Balapan yang Fun dan Mudah Dimainkan

4. Kesimpulannya? Game yang asyik buat dimainkan oleh keluarga, atau saat teman-teman kumpul

Review Horizon Chase Turbo: Game Balapan yang Fun dan Mudah Dimainkan

Di tahun 90-an dulu, game racing gaya arcade seperti Top Gear bisa jadi pilihan untuk main di Super Nintendo saat teman-teman sedang kumpul di rumah.

Baca juga artikel berikut ini : Review Samsung Galaxy A71 Silver

Horizon Chase Turbo pun bisa mengisi posisi tersebut di era 2020 ini. Yah, pandemik COVID-19 mungkin membuat sulit bagi teman-teman untuk kumpul. Tapi ini game yang tetap bisa mudah dimainkan oleh orang serumah.

Kamu solo player? Game ini tetap menyajikan lintasan balap yang bervariasi dan menantang. Membuka semua mobil di game ini juga memberi tantangan sendiri, karena tidak hanya dari poin, kamu juga kadang harus menjadi juara 1 di setiap arena tertentu, sehingga skill kamu akan diuji.

Visual gaya retro game ini memang terasa biasa saja, dan kadang terasa seperti gaya game mobile. Namun tetap ada beberapa lintasan balap yang terasa unik karena efek khusus seperti pergeseran waktu, salju, dan lain-lain.

Secara keseluruhan? Saya bisa memberikan game ini 3,5/5 bintangPunya kelemahan, namun tetap fun untuk dimainkan rame-rame.