Review Game Android: Drift Spirits

Review Game Android: Drift Spirits

Bagaimana jadinya jika genre balapan dikawinkan dengan genre RPG? Maka yang terjadi adalah game Android terbaru dari Bandai Namco yang berjudul Drift Spirits. Pasti gamer penasaran seperti apa keseruan yang dihadirkan pada game Drift Spirits, simak review Drift Spirits kali ini.

First Time

Pada saat menjalankan pertama kali Drift Spirits, kita harus mendownload data gamenya terlebih dahulu. Tidak diperlihatkan besarnya data yang didownload, tetapi jika dilihat dari menu APP di Settings game ini memiliki data sebesar 195MB, dan ukuran APK yang didownload dari Play Store sebesar 34MB.

Baca juga artikel berikut ini : Review Game Android: Angry Birds 2

Setelah selesai mendownload data, kita bisa memulai game Drift Spirits ini dan seperti game-game lainnya kita diminta untuk memberikan nama yang kita mau, kemudian memilih avatar (total ada 4 avatar yang bisa dipilih) dan memilih salah satu mobil-mobil keren dari pabrikan besar seperti Honda, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Subaru, Toyota. Setelah memilih avatar dan mobil, kita akan diajak mengikuti tutorial bermain game ini.

Gameplay

Game Drift Spirits memiliki gameplay yang berbeda dengan kebanyakan game balap lainnya seperti misalnya seri game Asphalt dan juga kontrol game ini lebih mudah. Balapan dilakukan hanya 2 orang, dan kontrolnya sangat sederhana. Pada saat mulai balapan, kita hanya perlu men-tap pedal gas dan mobil kita akan berjalan otomatis, untuk mempercepat laju mobil kita hanya perlu men-tap N20 atau NOS.

Yang menantang dari game ini dan sesuai dengan judul gamenya Drift Spirits adalah ketika di tikungan kita harus melakukan drift. Untuk melakukannya kita cukup menekan terus stir (dibawah kiri) selama tikungan dan melepasnya ketika diakhir tikungan. Terdengar mudah, namun waktu menekan stir harus pas, dimana diawal tikungan dan diakhir tikungan ada tanda garis dan kita harus pas menekannya segera setelah melewati garis tersebut. Jika terlawa awal dan telat menekannya, mobil kita tidak akan drift dengan sempurna dan menjadi kesempatan lawan untuk mendahului kita.

Gameplay Drift Spirits menggunakan berbagai elemen RPG, dimana di dalam game ini mengharuskan kita menyelesaikan misi di berbagai area ala game RPG. Dan setelah menyelesaikan misi kita akan mendapatkan exp, uang dan berbagai item. Dan game Drift Spirits juga memiliki jalan cerita layaknya game RPG.

Jika pada game RPG untuk menjalankan misi menggunakan poin tertentu, di dalam game Drift Spirits ini juga menggunakan konsep yang sama. Untuk menjalankan misi membutuhkan gasoline (bahan bakar). Kapasitas tangki gasoline akan semakin tinggi seiring dengan semakin tingginya level karakter kita.

Modifikasi Mobil

Yang namanya game balapan tidak afdol jika tidak ada yang namanya modifikasi kendaraannya, namun di dalam game Drift Spirits ini memodifikasi mobilnya ala game-game RPG. Kita bisa membeli berbagai spart part mobil seperti mesin, ban dan lainnya. Cara membeli spare part-nya pun unik menggunakan konsep yang sama dengan sistem summoning pada game RPG. Untuk membeli spare part bisa menggunakan gold, poin CP atau tiket, namun kita tidak bisa memilih spare part tertentu, seperti sistem summon di game RPG spare partnya di dapat secara random. Dan spart part dikategorikan ke dalam tingkatan bintang, semakin banyak bintangnya tentu semakin bagus dan memiliki statistik yang semakin tinggi.

Cara memasang spare part ini di mobil juga terlihat seperti memasang weapon dan armor pada karakter di game-game RPG. Spart part yang dipasang bisa menaikkan statistik dari mobil yang kita pilih, seperti misalnya menaikkan kecepatan, akselerasi, handling dan lainnya. Elemen RPG semakin kental, dimana kita juga bisa menaikkan level dari spare part yang kita miliki. Selama permainan kita bisa mendapatkan berbagai item enhancement yang bisa dipergunakan untuk menaikkan level dari spare part yang kita miliki.

Selain “men-summon” spare part kita juga bisa “men-summon” mobil, dan sama dengan menggunakan gold, poin CP atau tiket. Mobil ini layaknya hero pada game-game RPG, yang juga dikategorikan kedalam tingkatan bintang, semakin banyak bintang statistiknya akan semakin tinggi. Setiap mobil memiliki keunikannya masing-masing, dan mobil yang kita gunakan levelnya juga bisa naik. Setiap mobil yang kita gunakan untuk balapan akan mendapatkan exp dan jika sudah cukup maka level mobil akan meningkat. Dan juga kita bisa menggabungkan dua mobil yang sama untuk meningkatkan kemampuannya.

Baca juga artikel berikut ini : Memburu Para Monster di Beast Quest

Mode Permainan
    • Story: Menjalankan berbagai misi di beberapa daerah dan hingga akhirnya menantang pembalap legenda “The Emperor.”
    • Versus: Menantang gamer lainnya dari seluruh dunia.
    • Daily race: Misi balapan spesial untuk memenangkan koin dan juga spare part langka.

Selain untuk Android, Drift Spirits juga tersedia di platform iOS.