Resmi Meluncur, Galaxy Z Fold2 akan Dijual Mulai 18 September

Resmi Meluncur, Galaxy Z Fold2 akan Dijual Mulai 18 September

Disela-sela peluncuran Galaxy Note20 Series di awal bulan Agustus lalu, Samsung turut memperkenalkan inovasi terbarunya, Galaxy Z Fold2. Nah! Memasuki bulan Sepetember ini, smartphone lipat penerus Galaxy Fold itu diluncurkan secara resmi.

Tentu saja, Galaxy Z Fold2 membawa serangkaian hal menarik dibandingkan pendahulunya. Tidak hanya dari sisi desain, tetapi juga dari sektor layar, dukungan kamera hingga spesifikasi di bagian internalnya. Bisa dikatakan, Galaxy Z Fold2 menghadirkan pengalaman teknologi lipat terbaru bagi mereka yang senang berada di teknologi mutakhir.

Baca juga artikel berikut ini : Harga dan Spesifikasi Redmi 9A

Desain terbaru yang disempurnakan

Pertama dari sisi desain, Galaxy Z Fold2 hadir dengan dimensi berukuran 68,0 x 159,2 x 16,8mm ketika dalam posisi terlipat. Saat direntangkan, ukurannya menjadi 128,2 x 159,2 x 6,9mm. Sedangkan untuk bobotnya, smartphone layar lipat terbaru dari Samsung ini memiliki berat 282 gram.

Galaxy Z Fold2 memiliki dua layar, yakni layar di bagian depan (Cover Screen) dan layar utama (Main Screen). Layar di bagian depan memiliki ukuran diagonal 6,2 inci dengan resolusi HD+ Super AMOLED Display dan memiliki aspek rasio 25:9 dengan 386 ppi.

Sementara itu, layar utamanya memiliki ukuran 7,6 inci QXGA+ Dynamic AMOLED 2X Display dan memiliki aspek rasio 22.5:18 dengan 373 ppi. Baik layar di bagian depan maupun layar utama, Samsung telah menyematkan punch-hole (Infinity-O) sebagai rumah kamera.

Selain itu, lapisan Ultra Thin Glass kini hadir di layar utama, memberikan tampilan yang lebih premium dan halus. Desainnya juga ditopang oleh engsel Hideaway dan memungkinkan kemampuan berdiri bebas yang memberi daya pada semua pengalaman mode Flex terbaru.

Galaxy Z Fold2 juga menggunakan teknologi sweeper, yang pertama kali diperkenalkan pada Galaxy Z Flip, di dalam celah antara bodi dan rumah engsel untuk mengusir debu yang tidak diinginkan. Karena Galaxy Z Fold2 menampilkan desain generasi ketiga yang disempurnakan, ruang struktur sweeper bahkan lebih kecil daripada di Galaxy Z Flip.

Samsung juga menawarkan Galaxy Z Fold2 dengan empat pilihan warna engsel Hideaway yang berbeda, yakni Metallic Silver, Metallic Gold, Metallic Red dan Metallic Blue. Dengan pilihan empat warna yang ditawarkan, smartphone layar lipat terbaru dari Samsung ini semakin terlihat lebih premium.

Faktor bentuk lipat yang inovatif dan desainnya yang canggih dibawa ke tingkat berikutnya dengan pengalaman mobile yang unik di Galaxy Z Fold2. Kini, Samsung sukses memasangkan mode Flex dengan App Continuity ke dalam Galaxy Z Fold2 untuk memberikan kegunaan yang lebih luas kepada pengguna.

Total, punya lima kamera

Ya! Berbicara mengenai dukungan kamera yang disematkan, Galaxy Z Fold2 kini punya jumlah lensa kamera sebanyak 5 buah. Masing-masing adalah satu buah lensa kamera selfie 10 MP di layar depan, satu buah kamera selfie 10 MP di layar utama, serta tiga buah lensa di bagian belakang perangkat.

Buat kalian yang penasaran dengan konfigurasi tiga buah lensa di bagian belakang perangkat, Samsung memuat lensa ultra-wide 12 MP f/2.2 dengan sudut pandang 123 derajat, lensa wide 12 MP f/1.8 dan lensa telefoto 12 MP. Kamera di bagian belakang ini juga punya kemampuan dual-OIS, 10x optical zoom dan tracking AF.

Dengan mode Fleksibel, kini semakin mudah untuk merekam konten dan mengulas secara real time. Dengan Capture View Mode, sekarang pengguna juga tidak perlu keluar dari aplikasi Kamera. Lihat dengan jelas foto atau video yang baru saja diambil atau ulas hingga lima jepretan terbaru di bagian bawah layar utama, dan pratinjau di bagian atas.

Pengguna Galaxy Z Fold2 juga bisa meningkatkan kreativitasnya selangkah lebih maju dengan menggunakan dukungan fitur Auto framing. Ya! Galaxy Z Fold2 dapat merekam video hands-free dan menjaga subjek tetap fokus bahkan saat bergerak.

Memanfaatkan layar utama dan cover secara bersamaan dengan Multiple Preview, pengguna maupun subjek yang dipotret dapat melihat apa yang ditangkap. Terlebih lagi, berkat fleksibilitas Galaxy Z Fold2, mengambil foto selfie berkualitas tinggi dengan kamera belakang, bisa memanfaatkan layar cover berfungsi sebagai jendela bidik.

Kamera Galaxy Z Fold2 juga menawarkan kontrol dan kualitas kamera level andalan. Dengan mode Pro Video, Single Take, Bright Night, dan Night Mode, Galaxy Z Fold2 dapat membantu penggunanya mengabadikan momen dalam kualitas yang menakjubkan.

Galaxy Z Fold2 menyelaraskan produktivitas mobilegenerasi berikutnya dengan kemampuan multitasking yang terdepan berkat cara intuitif baru untuk berinteraksi. Maksimalkan hari Anda dengan menyesuaikan Layar Utama Galaxy Z Fold2 yang berukuran tablet agar sesuai dengan gaya kerja Anda.

Multitasking yang mulus

Dengan menghadirkan Galaxy Z Fold2, Samsung memang ingin benar-benar memanjakan penggunanya sehingga bisa meraih produktivitas kerja yang lebih optimal. Hal ini dibuktikan oleh Samsung dengan menyematkan kemampuan multitasking yang terdepan ke dalam Galaxy Z Fold2.

Hasilnya, Galaxy Z Fold2 kini memiliki cara intuitif baru untuk berinteraksi. Hal itu bisa lebih memaksimalkan penggunanya dengan menyesuaikan layar utama pada Galaxy Z Fold2 yang berukuran tablet agar sesuai dengan gaya kerja yang dimiliki.

Pengguna Galaxy Z Fold2 dapat memanfaatkan fitur Multi-Active Window untuk mengontrol tata letak layar dengan lebih mudah dan fleksibel. Berkat fitur tersebut pengguna kini dapat membuka banyak file dari aplikasi yang sama secara bersamaan dan melihatnya secara berdampingan.

Selain itu, dengan Multi-Window Tray yang sudah ditingkatkan, pengguna juga dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus dengan integrasi App Pair dan Edge Panel untuk menikmati kenyamanan tambahan. Dengan drag and drop, pengguna cukup menyeret teks, gambar, dan dokumen dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya untuk transfer instan.

Atau dengan memanfaatkan fitur Split Screen Capture, pengguna juga dapat menangkap layar dengan cepat di satu aplikasi dan mentransfer gambar yang diambil ke aplikasi lain tanpa hambatan. Pengguna Galaxy Z Fold2 juga dapat memilih UI yang paling optimal di layar utama agar sesuai dengan kebutuhannya.

Galaxy Z Fold2 juga menawarkan pengalaman menikmati aplikasi favorit yang sudah lebih jauh ditingkatkan, seperti Gmail, YouTube dan Spotify. Pengguna juga bisa menikmati layar utama dengan aplikasi Office di Microsof 365 untuk meniru pengalaman tablet.

Misalnya, gunakan Microsoft Outlook untuk potensi sebenarnya dengan melihat inbox di sisi kiri dengan percakapan saat ini pada waktu yang sama. Atau buat dokumen Word, spreadsheet Excel, atau presentasi PowerPoint dengan pengaturan toolbar seperti di PC.

Dapur pacu ditenagai Snapdragon 865+

Datang sebagai perangkat premium andalan, Galaxy Z Fold2 tentu saja sudah dibekal dengan dukungan hardware yang mumpuni. Smartphone layar lipat terbaru dari Samsung ini sudah didukung dengan chipset kelas atas milik Qualcomm, yakni Snapdragon 865+ yang memiliki fabrikasi 7nm+.

Seperti yang sudah kita tahu bersama, Snapdragon 865+ diramu oleh Qualcomm dengan CPU Octa-core dan memiliki arsitektur 1x Kryo 585 dengan clock speed 3,09 GHz + 3x Kryo 585 dengan clock speed 2,42 GHz + 4x Kryo 585 dengan clock speed 1,8 GHz. Chipset ini juga sudah terintegrasi dengan GPU Adreno 650.

Lalu, bagaimana dengan dukungan memorinya? Samsung meramu Galaxy Z Fold2 dengan dukungan RAM sebesar 12 GB. Sementara itu, untuk penyimpanan internalnya ada dua pilihan, yakni 256 GB dan 512 GB. Satu hal yang harus kalian tahu, smartphone layar lipat terbaru dari Samsung ini tidak menyertakan slot untuk kartu microSD.

Sedangkan untuk catu dayanya, Galaxy Z Fold2 yang berjalan dengan sistem operasi Android 10 ini telah dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh. Ya! Ada sedikit peningkatan kapasitas baterai jika dibandingkan dengan Galaxy Fold. Namun, Galaxy Z Fold2 sudah dilengkapi dengan fitur pengisian cepat via kabel maupun nirkabel.

Tak kalah menarik, Samsung juga sudah memperkaya Galaxy Z Fold2 dengan fitur Wireless PowerShare. Artinya, smartphone ini dapat berbagi daya dengan perangkat lainnya. Hal menarik lainnya, Galaxy Z Fold2 juga menawarkan koneksi nirkabel Samsung DeX untuk produktivitas.

Baca juga artikel berikut ini : Harga dan Spesifikasi OPPO Reno4

Harga dan ketersediaan

Bagi kalian yang tertarik membeli Galaxy Z Fold2, Samsung akan menghadirkannya dalam dua pilihan warna menarik, yakni Mystic Black dan Mystic Bronze. Samsung juga menjanjikan smartphone ini akan tersedia di sekitar 40 negara, termasuk Amerika Serikat dan Korea Selatan mulai tanggal 18 September 2020.

Namun, di pasar tertentu, termasuk di Amerika Serikat dan Eropa, Samsung telah membuka penawaran pre-order yang dimulai pada tangga 1 September 2020. Galaxy Z Fold2 akan dijual dengan harga US$ 1.999 atau setara dengan Rp29,2 juta.

Selain dua pilihan warna Mystic Black dan Mystic Bronze serta empat pilihan warna engsel yang berbeda (di pasar tertentu), yakni Metallic Silver, Metallic Gold, Metallic Red dan Metallic Blue, Samsung juga menawarkan casing yang cukup menarik. Ada dua casing yang ditawarkan, yakni casing Leather dan Aramid standing cover.