Obat Sakit Gigi Alami dan Tradisional

Obat Sakit Gigi Alami dan Tradisional

Sakit gigi adalah salah satu masalah pada gigi dan mulut yang paling menyiksa. Ungkapan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi nampaknya terdengar logis. Pasalnya, sakit gigi tidak hanya membuat Anda kesulitan untuk makan saja, namun juga dapat mempengaruhi suasana hati dan bahkan kesehatan Anda secara menyeluruh.

Penyebab-penyebab umum

Jika Anda mengalami sakit gigi lebih dari sehari atau dua hari, Anda harus segera membuat perjanjian dengan dokter gigi Anda. Dokter gigi dapat menemukan penyebabrasa sakit pada gigi Anda dengan tepat.erikut beberapa penyebab yang paling umum ditemukan:

    • Gigi berlubang
    • Tambalan yang lepas
    • Gigi retak
    • Abses dental
    • Infeksi pada akar gigi

Baca juga artikel berikut ini : Cara Bermain Capsa Susun

Berikut adalah beberapa obat sakit gigi alami dan tradisional yang bisa membantu sebelum Anda pergi ke dokter:

Garam

Berkumur dengan air garam adalah langkah pertolongan pertama sebelum Anda pergi ke dokter gigi.

Berkumur dapat membantu melepaskan sisa-sisa makanan yang masih tersangkut di antara gigi. Sementara garam sendiri bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut. Bakteri hanya bisa berkembang biak di lingkungan yang asam dan lembap. Maka ketika kondisi mulut kering, bakteri tidak bisa bertahan hidup.

Pada akhirnya, berkumur air garam membantu meringankan rasa sakit gigi dan meredakan bengkak pada gusi. Obat sakit gigi tradisional ini juga mempercepat penyembuhan luka.

Cara menggunakan air garam sebagai obat sakit gigi sangat mudah. Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari atau sampai sakit gigi mereda.

Cengkeh

Cengkeh sudah dikenal sejak lama sebagai obat sakit gigi tradisional dalam pengobatan China dan India.

Penelitian melaporkan senyawa eugenol dalam cengkeh dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Cengkeh juga diketahui dapat membantu meredakan peradangan dan membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menggunakan cengkeh sebagai obat sakit gigi alami bermacam-macam. Ada yang menyarankan menggigit batang cengkeh utuh pada area gigi yang sakit selama beberapa saat. Ada pula yang menyarankan pakai bola kapas yang dicelup ke minyak cengkeh dan ditempel pada gigi yang sakit.

Namun, hati-hati dengan risiko iritasi, sesak napas, dan perdarahan jika menggunakan cengkeh. Hati-hati juga dengan risiko iritasi pada mata jika tangan yang habis memegang cengkeh langsung menyentuh mata.

Selain itu, biji atau minyak cengkeh yang tertelan juga dapat meningkatkan risiko sakit tenggorokan dan muntah. Maka, pastikan minyak cengkeh tidak menetes ke lidah atau gusi yang sensitif.

Keteledoran ini dapat menyebabkan sensasi terbakar pada gusi atau kerusakan jaringan dan saraf di sekitar gigi yang sakit.

Minyak cengkeh sebaiknya tidak gunakan pada wanita hamil dan menyusui, anak-anak, dan orang-orang yang punya riwayat medis tertentu.

Baca juga artikel berikut ini : Jenis Permainan Kartu Remi TerPopuler

Daun jambu

Obat sakit gigi alami nan tradisional lain yang bisa Anda coba di rumah adalah daun jambu merah.

Merangkum berbagai penelitian, daun ini dilaporkan membantu meredakan rasa nyeri pada gigi dan peradangan akibat penyakit periodontitis. Dua penelitian berbeda, satu dari Filipina dan satu dari Kamerun, juga membuktikan daun jambu merah ampuh untuk mengobati sariawan.

Cara pakainya, kunyah 1-2 lembar daun sampai airnya keluar. Kemudian oleskan sari-sari daun dengan lidah Anda langsung pada gigi yang sakit. Tidak suka dengan rasa daun yang pahit?

Alternatif lainnya Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu kemudian saring dalam gelas. Diamkan dulu sampai hangat suam kuku, tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.