MineCraft Pocket Edition Review

MineCraft Pocket Edition Review

Mudah, sederhana dan kreatif adalah kata-kata yang pas untuk menggambarkan game Minecraft: Pocket Edition (PE). Serunya petualangan, mengumpulkan barang, dan membangun sesuatu kini hadir ke dalam genggamanmu. Game ini dibuat oleh Markus ‘Notch’ Pesson dan dikembangkan melalui perusahaan bernama Swedia Mojang. Game ini telah terjual sebanyak 60 juta copy pada tahun 2014 dan terus bertambah hingga sekarang.

Baca juga artikel berikut ini : 7 Film Bertema Game yang Wajib Kamu Tonton Selain Kingsglaive: Final Fantasy XV

Kalau kamu pernah mencoba versi pc, mungkin kamu akan menyadari bahwa dunia di PE ini lebih sempit dan musuh yang muncul lebih sedikit. Mungkin hal tersebut adalah bentuk penyesuaian dengan kapasitas perangkat mobile. Tetapi itu tidak menjadi masalah, karena Minecraft PE ini akan memberikan kesenangan bermain yang sama. Minecraft PE ini menghadirkan mode baru seperti Survival, Creative Mode, dan multiplayer game.

Minecraft secara acak akan menciptakan suatu dunia yang terdiri dari batu, kayu, pasir, dan berbagai mineral lainnya. Warna balok yang berwarna-warni dibuat dengan gambar sangat sederhana tetapi cukup jelas. Dari balok-balok inilah pemain bisa menciptakan berbagai macam hal sesuai dengan imajinasinya. Fasilitas seperti inilah yang jarang sekali ditemukan di dalam game, yaitu kebebasan untuk menciptakan apa saja.

Di mode Survival, semua balok harus dipukul sampai hancur sebelum bisa diambil. Proses ini memerlukan waktu dan tenaga yang besar dan setiap material kemudian diangkut ke markas yang jaraknya mungkin jauh dari tempat mengambilnya. Hasil jerih payah inilah yang membuat rasa kepemilikan yang besar terhadap apa saja yang berhasil kumpulkan.

Saat pemain mulai membangun berbagai macam benda, maka keperluan untuk mendapat material yang lebih bagus akan muncul. Satu-satunya tempat untuk mendapatkannya adalah dengan membongkar isi bumi. Di sini pemain juga akan menghadapi musuh yang sama seperti di atas bumi, tetapi ruang yang serba sempit akan menjadi tantangan tersendiri. Fasilitas yang sangat berguna di PE ini adalah kemampuan untuk melompat secara otomatis jika ada penghalang di depan.

Dunia Minecraft PE ini terkesan sangat sempit dibandingkan dengan versi PC dan XBox. Jika berjalan lurus ke satu arah, maka pemain akan segera menabrak dinding yang tidak terlihat. Fasilitas multiplayer yang disediakan mungkin tidak akan terlalu menarik karena para pemain akan terlalu berdekatan.

Proses pembuatan barang di Minecraft PE jauh lebih sederhana dari versi lainnya. Pemain cukup men-tap barang tertentu maka barang tersebut akan langsung berpindah ke kolom penyimpanan. Kontrol seperti ini sangat praktis dan cocok diterapkan untuk perangkat mobile.

Creative mode adalah permainan yang menyediakan material tidak terbatas untuk pemain. Jika pemain ingin membangun sesuatu, maka pemain tidak perlu bersusah payah mendapatkan material yang diperlukan. Mode ini sangat cocok untuk mencurahkan kreativitas karena pemain tidak perlu memusingkan bagaimana harus bertahan hidup.

Baca juga artikel berikut ini :  PUBG Sudah Terjual 70 Juta Kopi Sejak Tahun 2017

Minecraft Pocket Edition adalah game yang menyenangkan. Versi update terbaru ini memberikan model permainan yang semakin sama dengan versi PC. Kekurangannya yang terbesar adalah ukuran map yang sempit dan jenis barang yang bisa dibuat terlalu sedikit. Game ini bisa didapatkan di Apps Store dan Play Google.