Inilah Spesifikasi & Harga Surface Duo, Smartphone Android Dua Layar Microsoft

Inilah Spesifikasi & Harga Surface Duo, Smartphone Android Dua Layar Microsoft

Sekitar bulan Oktober 2019 lalu, Microsoft memperkenalkan dua perangkat baru dalam lini Surface. Masing-masing adalah Surface Neo dan Surface Duo, dimana keduanya hadir dengan inovasi yang cukup inovatif pada masanya, yaitu menggunakan model lipat. Namun berbeda dari Galaxy Fold ataupun Motorola Razr, ‘lipat’ di sini terdiri dari dua panel layar individu.

Saat itu, keduanya baru sekadar diperkenalkan ke khalayak umum tanpa penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi serta ketersediaan. Kabar baiknya, bagi mereka yang telah menunggu, kini Microsoft telah umumkan pre-order dari salah satu perangkat terbarunya, Microsoft Surface Duo. Dengan harga yang cukup mahal, bagaimana spesifikasi dari perangkat lipat Microsoft satu ini?

Baca juga artikel berikut ini : Main Game Tanpa Ngelag Berkat RAM 8GB di Galaxy Note20 Series

Spesifikasi Microsoft Surface Duo

Microsoft Surface Duo

Tak seperti Samsung Galaxy Z Fold 2 yang baru diperkenalkan Samsung awal bulan ini, Surface Duo hadir lebih konvensional. Tampilan luarnya dibuat polos, gunakan permukaan silver dengan logo Microsoft, seperti bodi belakang dari perangkat tablet Surface. Tidak ada layar ataupun kamera pada bagian luarnya.

Sementara ketika dibuka, kita akan disambut dengan dua layar yang masing-masing berukuran 5,6 inci full HD+. Masing-masing memiliki rasio 4:3, dengan bezel yang relatif tebal di bagian atas dan bawahnya. Ya, jika saja perangkat ini hadir di 2019, mungkin masih bisa dimaklumi. Namun untuk semester kedua tahun 2020, terlihat sedikit kuno jika dibandingkan kompetitornya.

Keberadaan dua layar di Surface Duo punya keunggulan tersendiri. Yang pertama, karena dibuat terpisah, Microsoft bisa menggunakan proteksi kaca Gorilla Glass. Dimana perangkat layar lipat lainnya harus menggunakan material plastik atau ultra thin glass (UTG) yang tentu lebih rentan. Selain itu, multitasking juga diunggulkan pada perangkat ini.

Kolaborasi yang cukup dalam antara Microsoft dan Android membuat sistem operasi Android 10 di Surface Duo lebih optimal untuk jalankan dua aplikasi di kedua layar terpisah. Pengguna dapat membuat pintasan untuk jalankan dua aplikasi sekaligus (PowerPoint dan Team, misalnya). Contoh lain, Google Maps dapat terbuka di layar kedua ketika kita sedang akses URL lokasi dari Instagram di layar satu.

Sistem operasinya juga dirancang untuk memprediksi aplikasi pihak ketiga untuk manfaatkan kedua layar di Surface Duo. Beberapa pihak seperti Amazon sudah mulai mengoptimalkan aplikasi Kindle, sehingga membaca buku lewat file e-book bisa terasa lebih natural dengan dua layar.

Microsoft Surface Duo

Hinge yang dapat diputar sampai 360 derajat juga bisa berikan mode yang beragam, dan mendukung input stylus Surface Pen. Untuk menelepon, pengguna harus membukanya karena earpiece diletakkan di atas layar kanan Surface Duo, lengkap dengan kamera dan LED flash. Peek mode juga hadir, dimana kita dapat mengecek notifikasi hanya dengan membuka 45 derajat.

Microsoft menyiapkan sebuah kamera 11MP f/2.0, dengan kemampuan rekam video hingga 4K 60fps serta “7x super zoom” yang dilakukan sepenuhnya digital. EIS hadir untuk mereduksi guncangaan saat merekam video. Untuk spesifikasi lainnya, bisa dibilang agak jadul karena mungkin pembuatannya sudah dimulai sejak waktu yang lama. Perangkat ini belum mendukung 5G dan tak dilengkapi NFC.

Hal tersebut dikarenakan chipset yang digunakan masih versi tahun lalu, yaitu Snapdragon 855. Dipasangkan dengan RAM 6GB dan pilihan memori 128/256GB, kapasitas baterainya juga cukup kecil di 3,577 mAh. Meski Microsoft berani klaim jika Surface Duo dapat memutar video hingga 15,5 jam atau menelepon sampai 27 jam.

Baca juga artikel berikut ini : Review Galaxy M11: Komplit untuk Menikmati Hiburan

Microsoft Surface Duo Mulai Tersedia September 2020

Surface Duo

Lalu berapa harga perangkat Microsoft Surface yang mendukung dual SIM (nano SIM + eSIM) ini? Microsoft Surface Duo bakal dijual mulai 10 September mendatang, dengan harga yang cukup mahal di USD1,399 atau sekitar Rp20 jutaan. Ya, harga yang memang layak dipasang untuk sebuah inovasi dari Microsoft.

Spesifikasinya mungkin tidak se-menggoda Huawei Mate Xs maupun Galaxy Z Fold 2. Namun salah satu faktor yang lebih penting adalah bagaimana Microsoft benar-benar mengoptimalkan sistem operasi Android pada jenis perangkat yang masih tidak umum seperti Surface Neo dan Surface Duo ini. Jika memang sesuai klaim, maka Surface Duo bisa jadi perangkat penunjang produktivitas yang layak untuk dipilih.