Ini 10 Manfaat Masturbasi yang Harus Kamu Ketahui

Ini 10 Manfaat Masturbasi yang Harus Kamu Ketahui

Kaum lelaki dan wanita yang belum menikah selalu dirundung pertanyaan besar seumur hidupnya yaitu bolehkan masturbasi? Pertanyaan ini memiliki dua jawaban yang saling bertentangan. Jawaban pertama adalah dilarang. Masturbasi bertentangan dengan aturan kepercayaan tertentu. Jawaban kedua diperbolehkan karena alasan kesehatan.

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya kenapa pada beberapa kondisi, masturbasi itu diperbolehkan. Berikut ini IDN Times berikan 10 manfaat masturbasi yang harus diketahui para jomblo. Simak ya.

Baca juga artikel berikut ini : Bahaya Penyakit dari Jamur Enoki, Ini 5 Fakta Infeksi Listeria

1. Melepaskan hormon yang berguna

Universitas Michigan pernah mengkaji tema ini pada tahun 2009. Orgasme membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin, endorfin, dan oksitosin. Ketiganya adalah hormon yang membuat perasaan “saling terikat”. Keluarnya ketiga hormon ini juga dapat menurunkan kortisol, yaitu hormon yang mengakibatkan stres karena tekanan dari luar.

Konon, tingkat kortisol yang tinggi mengakibatkan peradangan, nafsu makan meningkat, insomnia, dan resistensi penurunan berat badan. Maka dapat disimpulkan masturbasi bagus untuk mencegah dampak buruk kortisol.

2. Mengurangi dorongan ngemil

Oksitosin juga berguna untuk membuat perasaan bahagia membuncah. Akibatnya dorongan untuk mengonsumsi gula, keju, dan makanan berkolestrol dapat berkurang drastis.

3. Masturbasi berkala dapat meningkatkan kualitas sperma

Kerusakan DNA dan masalah mortilitas menjadi berkurang.

4. Mendorong berpikir positif

Masturbasi berkala dapat membuat pikiranmu berpikir positif mengenai bentuk tubuh. Selain itu juga bisa mendorong kepercayaan diri.

5. Lebih percaya diri

Masturbasi membuat seseorang percaya diri pada bentuk tubuhnya. Hal ini dikarenakan kita dibuat mengerti apa sih yang sebenarnya kita inginkan untuk mencapai kepuasan. Kita jadi mengenali pikiran dan tubuh lebih jauh dan menciptakan ikatan lebih dalam.

6. Meredakan sakit kepala

Mencapai klimaks ketika bermasturbasi, dapat meringankan sakit kepala. Ini karena hormon dopamin, oksitosin, dan endorfin mampu memberikan efek rileks pada bagian tubuh yang tegang. Semisal rasa nyeri di syaraf otak yang mengakibatkan sakit kepala juga bisa menghilang.

7. Melancarkan aliran darah

Masturbasi bisa melancarkan peredaran darah lho.

8. Latihan kardiovaskulas yang bagus

Percaya atau tidak pemompa aliran darah alias jantung, bekerja layaknya tubuh yang sedang berolahraga!

9. Tidur lebih nyenyak

Pengeluaran hormon yang dijelaskan di poin satu, membuat tubuh lebih rileks. Otomatis badan menjadi santai sehingga tidur pun jadi lebih nyenyak.

Baca juga artikel berikut ini : Ghost of Tsushima Rampung, Siap Rilis Tepat Waktu

10. Menyalurkan hasrat bercinta

Ada kalanya manusia dewasa mengalami dorongan untuk bercinta atau yang biasa disebut libido. Tatkala belum menikah, masturbasi dapat berguna untuk menyalurkan dorongan tersebut.

Saat nafsu seks sudah tak terkendali, masturbasi lebih baik pula daripada kita harus menyewa pekerja seks, bukan? Nanti kena penyakit seksual menular.