Harga dan Spesifikasi realme C12

Harga dan Spesifikasi realme C12

Realme pada pertengahan Agustus lalu telah membuat kejutan dengan meluncurkan smartphone entry-level terbarunya, realme C12. Daya tarik dari smartphone ini adalah dukungan baterai “super besar” dan punya tiga kamera di bagian belakang.

Seperti diungkap oleh Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia saat peluncuran realme C12 bahwa saat ini tak sedikit pengguna yang menginginkan pemakaian smartphone secara maksimal. Oleh sebab itu, daya tahan baterai harus menjadi perhatian utama dalam membeli sebuah smartphone.

Baca juga artikel berikut ini : Lokapala, Game MOBA Lokal Mirip Mobile Legends Resmi Meluncur

Didukung baterai 6.000 mAh

Untuk urusan performa, smartphone yang dibanderol seharga Rp1 jutaan ini telah dibekali chipset Helio G35 dari MediaTek. Helio G35 sendiri adalah chipset dengan arsitektur CPU delapan-inti yang dibangun melalui fabrikasi 12nm yang mampu mencapai clock speed 2,3 GHz, menjadikannya salah satu yang tercepat dan terbaru dalam kategorinya.

Helio G35 yang ditanam ke dalam realme C12 berpasangan dengan RAM sebesar 3 GB serta penyimpanan internal dengan kapasitas 32 GB. Tidak perlu berkecil hati dengan kapasitas penyimpanan internal yang ditawarkan. realme C12 juga sudah dibekali dengan slot microSD (dedicated) untuk menampung lebih banyak data pengguna.

Nah! Seperti yang telah disinggung, realme C12 datang dengan baterai “super besar” di kelasanya. Ya! Smartphone ini telah dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan fitur pengisian daya 10W. Punya kapasitas baterai sebesar itu, realme mengklaim bahwa C12 dapat bertahan selama 57 hari dalam mode siaga.

Terlepas dari baterai besar 6.000 mAh, realme C12 juga sangat memperhatikan sektor software-nya untuk mendukung daya smartphone dengan menghadirkan Super Power Saving Mode sehingga memungkinkan pengguna untuk menggunakan hingga enam aplikasi umum dalam sebuah smartphone.

Ketika Super Power Saving Mode diaktifkan, realme C12 dapat bertahan selama 2,9 hari atau mendukung 1,73 jam menonton YouTube, 1,79 jam penggunaan WhatsApp hingga melakukan panggilan selama 2,45 jam dengan masa baterai hanya 5%.

Punya dukungan tiga kamera di bagian belakang

Tentunya kita ingat, sebelum meluncurkan realme C12, realme telah lebih dulu meluncurkan realme C15 yang juga masuk ke dalam lini entry-level. realme C15 datang dengan dukungan baterai yang sama, yakni 6.000 mAh, tetapi punya dukungan empat kamera di bagian belakang.

Sementara, realme C12 hanya dibekali dengan tiga kamera di bagian belakang, yang juga ditampung dalam satu cluster berbentuk persegi bersama sebuah LED flash. Ketiga kamera belakang yang disematkan memiliki konfigurasi 13 MP sebagai lensa utama, yang ditemani lensa B/W 2 MP dan lensa makro 2 MP.

Smartphone ini juga menyediakan berbagai mode pengambilan gambar, yaitu Nightscape dan Portrait dengan efek blur. Sementara untuk memanjakan pengguna yang suka selfie atau video call, realme C12 telah dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dengan aperture f/2.4.

Pilihan warna Marine Blue dan Coral Red

realme C12 mengadopsi layar ultra-large LCD berukuran 6,5 inci yang terintegrasi dengan desain klasik mini-drop. Smartphone ini juga punya rasio screen-to-body mencapai 88,7 persen, sehingga menghadirkan pengalaman visual yang imersif mulai dari menjelajahi internet, melihat gambar, hingga menonton channel YouTube favorit.

Hanya produk dengan visualisasi menarik yang dapat memikat hati anak muda. realme C12 hadir dengan pilihan warna yang tak kalah memikat, Marine Blue dan Coral Red. Kedua warna tersebut terinspirasi dari alam dan menjadikannya pilihan warna yang dapat digunakan sesuai selera anak muda.

Sementara itu, realme menggambarkan pribadi anak muda yang unik melalui tampilan produk terbarunya ini dengan mengusung desain cover bagian belakang yang terintegrasi dengan berbagai karya seni, membentuk sudut garis yang berbeda di tiga area yang berbeda pula.

Memadukan antara cetakan, ukiran, dan teknologi dengan efek tekstur optik, menjadikan realme C12 sebagai smartphone berkualitas dan trendi di kelasnya. realme C12 memiliki bodi yang kokoh dan penutup bagian belakang yang terbuat dari bahan tahan api.

Dengan bagian belakang yang berfungsi sebagai sensor untuk memantau daya dan suhu yang secara otomatis dapat memonitor keadaan smartphone, pengguna tidak perlu lagi khawatir baterai cepat panas ketika menggunakan smartphone-nya sehari-hari.

Untuk keamanan, realme C12 mengadopsi Instant Fingerprint Sensor yang berguna mengamankan data pribadi milik pengguna. Tentu saja, fitur keamanan biometrik konvensional itu telah dibarengi dengan teknologi fingerprint yang semakin cepat sehingga menjadikan smartphone ini menjadi lebih cepat dan praktis.

Harga realme C12

Beberapa jam setelah diperkenalkan, realme langsung menggelar penjualan realme C12 dalam program Hate-to-Wait-Sale. Program penjualan ini digelar di realme.com/id dan Lazada. Cukup mengejutkan, sebanyak 3.000 unit realme C12 langsung sold out.

Namun, bagi kalian yang tidak kebagian realme C12 dalam program Hate-to-Wait-Sale tidak perlu khawatir. Pasalnya, realme sejak tanggal 16 Agustus lalu sudah membuka penawaran penjualan secara offline/Open Sale di seluruh Indonesia. realme menjual realme C12 dengan harga Rp1.899.000.

Baca juga artikel berikut ini : Ampuh untuk Mode Rank, Ini 4 Kehebatan Hilda

Spesifikasi dan Harga

Harga Rp1.899.000
Platform
Chipset MediaTek Helio G35 (12 nm)
CPU Octa-core 2.3 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
Sistem Operasi realme UI – Android 10
Memori
RAM 3 GB
Internal 32 GB
Eksternal microSD (dedicated slot)
Bodi
Dimensi 164,5 x 75,9 x 9,8 mm
Berat 209 gram
Slot SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe IPS LCD
Ukuran 6,5 inci
Resolusi HD+ 720 x 1560 piksel
Kamera
Belakang 13 MP + 2 MP + 2 MP
Depan 5 MP
Video 1080p@30fps
Fitur LED flash, HDR, panorama
Jaringan
Data GSM / HSPA / LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth Ya
GPS Ya
NFC Tidak
Lainnya
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Jack audio Ya
Baterai Li-Po 6000 mAh – Fast Charging 10W