Guide untuk Pemula: Kenali Karakteristik Map PUBG Mobile

Saat memulai permainan battle royale di game PUBG Mobile, Sobat Gamers biasanya dihadapkan dengan pilihan map yang akan menjadi arena pertempuran. Masing-masing map PUBG Mobile memiliki ukuran dan topografi yang berbeda-beda. Pemilihan map mempengaruhi gameplay dan sama sekali tidak mempengaruhi tingkat kesulitan permainan.

Hingga saat ini dalam game PUBG Mobile sudah ada lima map, meliputi Sanhok, Erangel, Miramar, Vikendi, dan yang terbaru Map Livik. Bagaimana karakteristik masing-masing map PUBG Mobile tersebut? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca juga artikel berikut ini : 7 Tempat di Map PUBG Mobile Ini Terinspirasi dari Dunia Nyata

Map Sanhok PUBG Mobile

PUBG Mobile Guide untuk Pemula_ Kenali Karakteristik Map PUBG Mobile Sanhok

Map PUBG Mobile satu ini dirilis pada tanggal 22 Juni 2018.Dengan topografi hutan belantara, menurut latar belakang cerita PUBG Mobile Sanhok adalah sebuah pulau terpencil di Thailand. Topografinya penuh dengan semak-semak tebal dan terlihat sangat rindang.

Sangat aman untuk Sobat Gamers yang hobi ngerumput alias nge-prone. Iklim di tempat ini mengadopsi hutan-hutan tropis yang ada di zona katulistiwa. Di beberapa menit tertentu ada kabut yang akan menyelimuti dataran Sanhok.

Karena ukuran map PUBG Mobile satu ini hanya 4 km x 4 km, jarak pertempuran di map ini sangat pendek. Map Sanhok PUBG Mobile ini sangat digemari oleh pemain PUBG Mobile kebanyakan karena ukurannya kecil. Sebelum map baru Livik muncul, Sanhok adalah pulau terkecil di dunia game PUBG Mobile.

Peluang untuk mendapatkan senjata-senjata bagus di awal permainan sangat lah besar. Looting gampang ditambah dengan area map yang kecil membuat pertarungan yang terjadi di Sanhok berakhir barbar.

Turnamen yang berlokasi di Sanhok selalu menjadi tonton yang menarik. Gameplay yang cepat dan agresif akan menghasilkan pertarungan yang sangat seru.

Map Vikendi PUBG Mobile

PUBG Mobile Guide untuk Pemula_ Kenali Karakteristik Map PUBG Mobile Vikendi

Map PUBG Mobile satu ini dirilis pada tanggal 11 Desember 2018 dengan luas 6 km x 6 km. Diceritakan bahwa Map Vikendi ini adalah sebuah pulau resort di Utara yang terisolasi. Karena lokasinya dekat dengan kutub, maka tampilan map PUBG Mobile satu ini juga bernuansa putih dengan iklim salju.

Topografi di Map Vikendi bergelombang dan tak banyak area terbuka. Oleh karena itu sangat tidak disarankan untuk melakukan prone di sini. Map PUBG Mobile satu ini Sobat Gamers akan semakin tertantang karena sedikit tempat yang bisa dijadikan sebagai persembunyian. Jarak pertempuran yang terjadi di map ini berkisar antara menengah hingga jauh.

Map Vikendi semakin populer di Indonesia karena salah satu tim esports Indonesia yaitu Bigetron RA yang pernah dijuluki sebagai King of Vikendi. Julukan ini disematkan karena tim Red Aliens tak pernah bisa dikalahkan di map PUBG Mobile satu ini.

Map Erangel PUBG Mobile

PUBG Mobile Guide untuk Pemula_ Kenali Karakteristik Map PUBG Mobile Erangel

Erangel adalah map utama yang pertama kali ada di game PUBG Mobile. Lahannya seluas 8 km x 8 km dengan area yang terbuka. Beberapa daerah di Map Erangel bernuansa hijau dan berumput jarang. Topografinya pun terdiri dari bukit-bukit kecil dan bangunan-bangunan yang ditinggalkan.

Pertempuran yang terjadi di Map Erangle umumnya cocok untuk Sniper yang bertarung dari jarak jauh karena topografi dan jarak pertempurannya. Di Map Erangle ada banyak kendaraan yang tersebar di beberapa lokasi. Meskipun banyak kendaraan yang bisa kalian manfaatkan, namun beberapa tidak bisa dipakai untuk melintasi bukit.

Map Erangel juga lokasi yang sering dijadikan tempat pertempuran untuk turnamen-turnamen. Pemain yang tampil menyuguhkan strategi-strategi terbaik untuk lolos sebagai pemenang. Peran sniper akan sangat berpengaruh di dalam pertempuran di Erangel.

Map Miramar PUBG Mobile

PUBG Mobile Guide untuk Pemula_ Kenali Karakteristik Map PUBG Mobile Miramar

Selain Erangel, PUBG Mobile juga memiliki map utama yang dinamai Miramar. Map PUBG Mobile satu ini memiliki ukuran yang luas, yaitu 8 km x 8 km. Jika di Map Erangel kalian masih bisa menemukan lokasi bernuansa hijau, maka di Miramar Sobat Gamers akan menemukan dataran gurun pasir yang sangat luas.

Iklim yang ada di Miramar kering dan gersang. Peran sniper akan sangat membantu di lokasi pertempuran jarak jauh ini karena banyak area terbuka. Sulit untuk mencari tempat persembunyian. Karena areanya yang luas dan terbuka, maka biasanya pemain memilih untuk bersembunyi di bangunan atau low ground (gundukan tanah).

Map Livik PUBG Mobile

PUBG Mobile Guide untuk Pemula_ Kenali Karakteristik Map PUBG Mobile Livik

Livik adalah map yang baru saja diluncurkan oleh pengembang PUBG Mobile. Ukurannya sangat kecil, yaitu seluas 2 km x 2 km. Map PUBG Mobile satu ini bisa disebut sebagai lokasi yang paling indah karena dipenuhi dengan nuansa padang rumput hijau, padang bunga, air terjun, hingga kolam air panas. Tencent menghadirkan permainan yang berbeda dan segar lewat Map Livik terbaru ini.

Baca juga artikel berikut ini : Siapa Sajakah Hero Mobile Legends Spesialis Push Turret?

Hingga saat ini Map Livik belum diikutsertakan dalam turnamen. Namun suasana dalam game PUBG Mobile berubah dengan kehadiran Map Livik ini. Apa Sobat Gamers sudah coba bermain di map ini? Bagaimana tanggapan kalian?

Di beberapa map PUBG Mobile terutama yang areanya luas memiliki beberapa titik tempat looting. Walaupun di lokasi tersebut kalian bisa menemukan persenjataan yang bagus, di sana juga rawan terjadi pertempuran yang sengit.

Sangat direkomendasikan agar Sobat Gamers tidak mati di early game. Hindari pertempuran di awal pertandingan terutama jika kalian belum memiliki senjata atau pelindung apapun.

Masing-masing pemain atau tim pasti memiliki satu map yang dikuasai, mulai dari lokasi looting hingga pola rotasi. Apa ada map PUBG Mobile yang paling kalian kuasai? Mana map yang menjadi favorit kalian, Sobat Gamers?