China Siap Uji Coba 5 Calon Vaksin Corona Pada Manusia

China Siap Uji Coba 5 Calon Vaksin Corona Pada Manusia

Vaksin virus corona adalah barang yang paling ditunggu bagi seluruh warga di berbagai penjuru dunia. Apalagi hingga kini, belum ada yang menemukan vaksin untuk menangkal virus corona yang menyebar.

China bersumpah apa pun vaksin virus corona yang nantinya akan digunakan oleh mereka, bakal menjadi barang publik global.

Baca juga artikel berikut ini : 4 Kelebihan Face Shield Dibanding Masker

Pernyataan itu diutarakan oleh Presiden China Xi Jinping di Majelis Kesehatan Dunia (WHA). Dalam pidatonya Xi berujar, “Setelah penelitian dan pengembangan vaksin virus corona di China selesai dan mulai digunakan, itu akan menjadi barang publik global.”

Xi melanjutkan, langkah ini akan menjadi kontribusi China dalam mencapai aksesibilitas dan keterjangkauan vaksin corona di negara-negara berkembang juga.

Dan saat ini rencana China untuk memiliki vaksin Corona semakin mendekati kenyataan. Sebanyak 5 calon vaksin sudah lulus uji klinik fase dua dan siap uji coba pada manusia.

Badan POM China memberikan lampu hijau untuk 5 vaksin corona untuk uji coba pada manusia, menurut Kementerian Ristek China, dilansir dari CGTN, Minggu (21/6/2020). Uji manusia artinya vaksin ini akan dicobakan ke lebih banyak orang. Fase sebelumnya adalah hanya kepada sukarelawan yang jumlahnya terbatas.

Saat ini para ilmuwan di dunia terus berlomba dengan waktu untuk menciptakan vaksin COVID-19 yang sejauh ini sudah menewaskan 450 ribu orang. Menurut WHO, ada 10 vaksin potensial yang akan menjalani uji coba manusia.

Calon vaksin Corona dari China sejauh ini sudah lulus uji klinik fase 1 dan 2. Para sukarelawan memiliki antibodi setelah diberikan 2 dosis dalam 28 hari tanpa efek samping serius.

WHO berharap ratusan juta dosis vaksin virus Corona bisa diproduksi tahun ini dan menargetkan ada 2 miliar dosis vaksin pada akhir 2021.

Baca juga artikel berikut ini : Virus Corona dan Cocoklogi Game Resident Evil

Jika berhasil, 5 vaksin buatan China ini akan bersaing dengan vaksin buatan Amerika dan Inggris. Sejauh ini, di Amerika ada vaksin buatan Moderna yang diklaim paling ampuh.

Satu lagi dari Amerika adalah vaksin buatan Inovio, kemudian ada vaksin buatan AstraZeneca hasil penelitian Universitas Oxford. Vaksin Inovio dan AstraZeneca ini turut didanai Bill Gates lewat yayasannya Bill & Melinda Gates Foundation.