8 Manfaat Keju Bagi Tubuh

8 Manfaat Keju Bagi Tubuh

Keju salah satu jenis makanan yang populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Rasanya yang asin membuat keju banyak diidolakan oleh anak kecil hingga remaja dan tak terkecuali orang dewasa.

Makanan yang berasal dari olahan susu ini memang banyak diolah menjadi salah satu bahan tambahan pada makanan. Berbicara tentang manfaat keju, tentu banyak khasiat di dalamnya yang tidak banyak diketahui oleh sebagian orang. Masih banyak yang mengira jika mengonsumsi keju dapat menyebabkan berat badan naik dan berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Baca juga artikel berikut ini : Review Game Android: Drift Spirits

Namun, tahukah kalian jika keju mengandung bakteri baik sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, keju juga mampu mengusir kolesterol jahat di tubuh. Makanan olahan susu ini juga menjadi alternatif sumber protein hewani yang cukup praktis dikonsumsi. Selain itu, keju mengandung kalsium, fosfor, seng, vitamin (A dan B12), dan mineral cukup tinggi.

Bagi kalian pecinta keju, tentu saja keju tidak hanya memiliki cita rasa yang enak, akan tetapi juga memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh yang perlu kalian ketahui. Lalu, apa saja manfaat jika mengonsumsi keju? Nah, daripada penasaran langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Keju Baik Untuk Tulang

Manfaat keju bisa kalian dapatkan untuk kebaikan tulang. Keju kaya akan kalsium sehingga dapat membuat tulang kuat sehingga mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain menyehatkan tulang, keju bermanfaat bagi kesehatan otot karena adanya kandungan protein dari asam amino. Senyawa tersebut berperan penting dalam pembentukan jaringan otot.

2. Keju Baik Untuk Kesehatan Gigi

Manfaat keju selain baik untuk kesehatan tulang, keju juga dapat menjaga kesehatan gigi. Kalsium yang terdapat dalam keju mampu berperan penting dalam pembentukan gigi. Selain itu, makan keju juga dapat meningkatkan tingkat pH dalam plak gigi dan memberi perlindungan pada gigi berlubang. Manfaat ini hanya bisa didapat dari keju, tidak dalam susu ataupun yogurt.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Selanjutnya jika kalian mengonsumsi keju, maka akan mendapatkan manfaat yakni mampu meningkatkan fungsi otak. Hal ini lantaran keju mengandung suatu antioksidan yaitu glutathione, yang dimana antioksidan ini berfungsi baik untuk kesehatan otak dan dapat mencegah degenerasi saraf akibat proses penuaan. Selain itu, kandungan omega 3 dalam keju juga bisa menyehatkan otak.

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Keju mengandung lemak tak jenuh yang memberikan manfaat untuk tubuh. Kandungan ini cenderung bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian, didapati bahwa orang-orang yang mengonsumsi keju mengalami penurunan risiko mengalami penyakit jantung koroner hingga 14 persen dibandingkan dengan orang-orang yang jarang atau tidak pernah makan keju.

5. Mencegah kanker

Keju mengandung asam lemak tidak jenuh CLA yang diketahui memiliki sifat antikanker. Selain itu, di dalam keju terdapat pula kandungan sphingolipids yang juga baik untuk mencegah kanker. Selain itu, keju juga mengandung Vitamin B yang menjaga fungsi tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

6. Mengurangi Tekanan darah Tinggi

Kebanyakan orang tentunya masih berpikir jika mengonsumsi keju merupakan salah satu pemicu tinggi lemak yang dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Padahal, orang yang mengonsumsi lebih banyak keju, memiliki tekanan darah yang rendah. Hal ini karena kalsium dalam keju dapat membantu mengurangi tekanan darah. Namun, perlu diperhatikan yakni pilihlah keju yang rendah lemak dan natrium, seperti keju cottage atau parmesan.

7. Memperkuat Sistem Imun

Menjaga sistem kekebalan tubuh sangat berguna untuk melindungi tubuh. Manfaat tersebutlah yang bisa kalian dapatkan jika mengonsumsi keju. Hal ini karena keju diperkaya dengan probiotik, keju akan memperkuat sistem imun dan mencegah penyakit yang menyerang daya tahan tubuh. Sehingga, tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari beberapa penyakit.

Baca juga artikel berikut ini : Review Game Android: Angry Birds 2

8. Baik Untuk Kehamilan

Bagi ibu hamil, sangat baik mengonsumsi keju. Kandungan kalsium dalam keju sangat baik untuk wanita hamil. Hal ini dapat membantu merangsang kontraksi selama persalinan. Selain itu, kandungan tersebut juga berguna dalam menghasilkan ASI yang tepat untuk memberi makan bayi.

Itulah sederet manfaat keju yang baik bagi tubuh. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk selalu menambahkan keju dalam menu makanan kalian. Semoga bermanfaat.