7 Game yang Menampilkan Budaya Indonesia

7 Game yang Menampilkan Budaya Indonesia

Indonesia memang luar biasa, tak hanya di kenal sebagai negara kepulauan Indonesia juga di kenal dengan budayanya yang beraneka ragam. Tak heran jika ada banyak diantara kebudayaan asli Indonesia yang menarik perhatian orang luar negeri. Setelah Industri perfilman luar negeri memasukan budaya asli Indonesia ke dalam sebuah film. Kini giliran Industri game yang turut memasukan budaya Indonesia ke dalam sebuah game.

Pastinya, dengan memasukan budaya asli Indonesia ke dalam sebuah game tentunya ada maksud dan tujuan tertentu. Namun, apapun maksudnya selama itu baik dan layak untuk dimainkan kenapa tidak. Dan berikut adalah daftar Game luar yang memasukkan unsur budaya Indonesia di dalamnya.

Baca juga artikel berikut ini : 5 Hero Mobile Legends dengan Kemampuan Mirip Cheat Map Hack

Tekken Tag Tournament 2

Game pertama yang memasukan unsur budaya Indonesia ke dalam permainannya adalah game Tekken Tag Tournament 2. Unsur Indonesia bisa kamu temui di salah satu babak pertarungan. Dalam game ini unsur budaya lokal agak susah dilihat karena tempo pertarungan yang cepat dan bergerak dari satu sudat ke sudut yang lain. Namun jika kamu jeli kamu akan melihat background yang menampilkan wayang kulit, orang dengan pakaian khas adat Bali, serta lagu dengan sentuhan musik gamelan.

Uncharted: Drake’s Fortune

Dalam game ini ada dua hal kuat yang menampilkan unsur budaya Indonesia. Pertama, Sejenak kamu akan tertawa melihat unsur Indonesia ke dalam game Uncharted: Drake’s Fortune. Bagaimana tidak, di kisahkan dalam sebuah adegan diperlihatkan aksi Nathan Drake yang mencoba berdialog dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Dalam adegan itu Nathan Drake meminta penjaga untuk membuka pintu gerbang. Kurang lebih begini kalimatnya
Penjaga: “Hallo”
Nathan: “Buka pintu”
Penjaga: “Siapa ini? bicara sekarang!!”
Nathan: “Sialan lo, cepat buka pintu,”
Penjaga: “Ahhh Taii…!!!”
Kedua, ada Raja bajak laut Indonesia yang bernama Eddy yang merupakan salah satu karakter antagonis yang ada game ini.

Civilization VI

Game Keren lainnya yang menampilkan unsur budaya Indonesia selanjutnya adalah Civilization VI. Civilization VI merupaakan game simulasi strategi tentang bagaimana tercipta nya peradaban umat manusia. Dalam sebuah downloadable content-nya Civilization VI mengangkat kisah tentang peradaban dari kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan terbesar di pulau Jawa.

Sejak dirilis Civilization VI sudah mencuri perhatian masyarakat. Terbukti adalah game ini sudah terjual sebanyak 8 juta kopi di seluruh dunia dan berhasil meraup pendapatan sebesar USD 576,1 Juta atau sekitar Rp 8,7 Triliun.

Mobile Legends

Untuk game yang satu ini rasanya kamu gak akan kesulitan menemukan unsur budaya Indonesia. Pasalanya, budaya Indonesia jelas sekali nampak pada karakter yang ada. Yap, Otot Kawat Balung Wesi” itulah karakter Gatotkaca yang muncul di Mobile Legends.

Game ini juga menjadi game MOBA pertama yang membawa karakter superhero lokal dari tanah Jawa. Gatotkaca merupakan tokoh pewayangan yang memiliki kemampuan terbang. Selain Gatotkaca ada juga karakter Kadita yang diadaptasi dari karakter Nyi Roro Kidul yang di kenal sebagai penghuni pantai selatan.

DreadOut

Dread Out merupakan game karya anak negeri. Dikembangakan oleh PT. Digital Semantika Indonesia, Dread Out hadir dengan genre horor. Karakter hantu yang ada di dalam game ini pun kebanyakan hantu lokal seperti kuntilanak dan pocong.

Tak hanya karakter hantu, nuansa Indonesia juga terasa kental pada latar belakang dan kostum yang di kenakan pada setiap karakter khusunya budaya Bandung, Jawa Barat. Cerita dalam game Dread Out kebanyakan mengadaptasi cerita-cerita horor Nusantara seperti hantu siluman buaya. Ada juga Hantu Nancy yang diadaptasi dari kisah SMAN 6 Bandung yang ternyata terkenal itu.

Arena of Valor

Jika Mobile Legends memiliki sosok karakter Gatotkaca si tulang besi, maka AOV menghadirkan unsur Indonesia melalui karakter unik murid Sinto Gendeng, siapa lagi kalau bukan Wiro Sableng. Sebagai karakter utama Wiro Sableng mempunyai tugas menyerang basis musuh.

Karakter hero tanker Wiro Sableng ini dirilis pada Agustus 2018. Dalam game ini Wiro Sableng memiliki skill pasif yang mampu menerima pemulihan health sebanyak 60% saat sekarat.

Sebelum secara global akhirnya mengusung nama Arena of Valor (AOV). Game MOBA ini mempunyai nama berbeda-beda di setiap wilayah pemasarannya. Misalnya di Eropa AOV dikenal dengan nama Strike of Kings, Honour of Kings (Tiongkok), Penta Storm (Korea Selatan), Legendary Showdown (Taiwan), Lien Quan (Vietnam). Sedang untuk pasar Indonesia AOV dikenal dengan nama Mobile Arena.

Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tomorrow

Tokoh utama dalam game ini adalah seorang agen rahasia asal Amerika Serikat bernama Sam Fisher. Sam ditugaskan untuk menggagalkan sebuah rencana jahat secara. Dalam misi tersebut Sam Fisher di haruskan datang ke wilayah Indonesia. Salah satu daerah yang dikunjunginya Sam adalah Pulau Komodo.

Baca juga artikel berikut ini : 6 Tips Farming Mobile Legends Biar Cepat Kaya

Di pulau itu Sam Fisher melakukan pengejaran dan pelacakan keberadaan kelompok teroris yang dipimpin oleh Suhadi Sadono. Layaknya kejahatan yang dilakukan teroris di dunia nyata, kelompok bernama Darah dan Doa dalam seri Pandora Tomorrow tengah menyerjakan proyek penghancuran populasi di sebuah negara.

Itulah beberapa game yang menghadirkan unsur budaya Indonesia. Player lokal, apakah kamu sudah mencoba bermain sebelumnya? Buat kamu yang nggak mau ketinggalan berita terbaru dan terupdate seputar game, anime, gadget serta Esports lainnya.