7 Fakta Dota yang Jarang Diketahui Orang (Part I)

7 Fakta Dota yang Jarang Diketahui Orang

Siapa yang tidak tahu Dota? Generasi tahun 90-an pasti lebih doyan bermain Dota daripada MOBA versi mobile yang cenderung lebih sederhana dan kurang ‘menantang’. Kendati demikian, marilah kita tidak melupakan darimana genre MOBA itu berasal. Sebagai salah satu pelopor gim MOBA, ada banyak fakta Dota yang ternyata memiliki benang merah dengan judul game lain.

Mulai dari referensi Dota sebagai custom map Warcraft III: The Frozen Throne, hingga migrasinya ke Steam, kita akan banyak mengupas trivia-trivia gim pelopor esports! Seru kan? Yuk kita bahas langsung.

Baca juga artikel berikut ini : 5 Hero Baru Mobile Legends dengan Skill Imba

1. Fakta Dota #1: Buriza–do Kyanon

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau ini adalah item pendahulu dari Daedalus, yaitu item yang ditempah dari Crystalys. Banyak pemain Dota yang menyayangkan nama keren ini diganti menjadi Daedalus di sekuelnya Dota 2. Apa yang sebenarnya terjadi?

Buriza–do Kyanon sendiri adalah bentuk romanisasi/romaji dari ブリザードキャノンatau yang dalam Bahasa Inggris berarti Blizzard Cannon.  Ini merupakan referensi dari Unique Weapon pada salah satu game Blizzard yaitu Diablo II yang memiliki nama yang sama.

Jikalau Valve memutuskan untuk menggunakan nama ini, maka Valve akan memperpanjang urusan mereka dengan Blizzard yang pernah berantem dengan Valve untuk memenangkan hak kekayaan intelektual dari game Dota ini.

Untuk itu, Valve mengganti nama item ini menjadi Daedalus yang lagi-lagi merupakan referensi dari salah satu buku puisi mitologi Roma yang merupakan nama karakter dari ayah Icarus yang merupakan seorang pengrajin ahli.

Buriza–do Kyanon pada game Diablo II

2. Fakta Dota #2: Pudge, The Butcher

Pudge merupakan salah satu hero ikonik dalam Dota yang memiliki kemampuan unik untuk menarik musuhnya lebih dekat dan kemudian melakukan hard CC pada musuh dengan membuat musuh tidak dapat bergerak untuk durasi waktu yang cukup lama.

Di samping potensinya, hero satu ini diilustrasikan dengan wujud seorang manusia berbadan gembul, besar, memiliki pisau daging dan pengait untuk menggantung daging sebagai senjatanya, serta berbadan bau. Penasaran dengan latar belakangnya? Yuk, cekidot!

Meskipun mereka memiliki sebutan yang sama lintas game, The Butcher itu sendiri sebenarnya merupakan salah satu referensi dari salah satu game keluaran Blizzard, yaitu Diablo. Terus, apakah nama tersebut hanya kebetulan semata? Jawabannya adalah tidak.

The Butcher pada Diablo akan menjatuhkan Unique Weapon yang bernama The Butcher’s Cleaver yang memiliki bentuk seperti pisau daging besar. Tidak hanya itu, ultimate skill dari Pudge yaitu Dismember yang mengeluarkan suara “Ahh.. Fresh Meat!” yang terdengar hingga ke seluruh map saat digunakan; ternyata juga merupakan sebuah catchphrase yang diucapkan oleh The Butcher di game Diablo I pada saat karakter player pertama kali bertemu dengan bos yang satu ini.

Baca juga artikel berikut ini : Tips Bermain PUBG Mobile di Miramar

3. Fakta Dota #3: Admiral Kunkka

Bila kamu gemar bermain Dota maupun Dota 2, kamu pasti kenal dengan hero satu ini kan? Seorang pelaut yang memiliki kemampuan push dan Crowd Control (CC) yang kuat. Akan tetapi, kemunculan hero ini ternyata adalah sebuah hadiah untuk seseorang yang spesial bagi perkembangan game Dota.

Siapakah dia?

Admiral Kunkka merupakan sebuah karakter yang namanya diambil dari seorang seniman yang setia melukiskan karya seninya dalam tampilan loading screen Dota. Berkat lukisannya yang penuh fantasi, permainan Dota tampak menjadi lebih hidup.

Loading Screen Dota by Kunkka

Kunkka, atau  Kendrick Lim, adalah seorang seniman digital yang aktif dalam perkembangan game Dota. Karyanya untuk Dota sudah begitu banyak dan itu semua bisa kamu nikmati melalui halaman DeviantArt-nya yang bisa diakses melalui tautan berikut ini.